Pemberdayaan Klaster Industri Kerajinan Tembaga (II)

Pemberdayaan Klaster Industri Kerajinan Tembaga ( Bagian II )

  1. Model pemberdayaan yang sesuai dengan kondisi pengusaha kerajinan tembaga di Tumang,Cepogo ,Boyolali adalah pendamping dengan pendekatan individu. Namun, pada tataran tertentu pendampingan dengan pendekatan individu tidak dapat dilakukan, karena adanya keterbatasan sumber dana dan daya yang dimiliki pemerintah. Oleh karenanya, dibutuhkan model pendampingan dengan pendekatan kelompok. Akan tetapi, perlu terlebih dahulu ditumbuhkan kesadaran kepada pengusaha kerajinan tembaga di Kabupaten Boyolali akan pentingnya kelompok usaha bersama (proses pembelajaran kelompok) semisal klaster tembaga, agar mereka dapat mengakses program-program pemberdayaan dari berbagai pihak. Pembentukan kelompok usaha tidak hanya berdasarkan pada interes pemerintah atau bersifat proyek, tetapi melalui dampingan berkelanjutan.
  2. Proses dan strategi yang dapat digunakan dalam rangka pemberdayaan industry kecil kerajinan tembaga di Kabupaten Boyolali perlu disesuaikan dengan kendala-kendala yang dihadapi pada saat ini. Strategi pemberdayaan dengan menciptakan suasana /iklim usaha yang mendukung, memperkuat potensi atau daya yang dimiliki dan perlindungan usaha sangat relevan atau sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang dihadapi pengusaha kerajinan tembaga di Kabupaten Boyolali.

Solusi

Untuk lebih mengefektifkan pemberdayaan industry kecil kerajinan tembaga di Kabupaten Boyolali, maka saran-saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Model pemberdayaan yang sesuai dengan kondisi pengusaha kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan pada saat ini adalah pendampingan individu.
  2. Model pemberdayaan dengan pendamping kelompok dapat diupayakan melalui proses pembelajaran kelompok dan dampingan berkelanjutan. Pembentukan kelompok usaha tidak hanya bersifat proyek atau interest Pemerintah tetapi ditujukan untuk kepentingan kelompok sehingga akhirnya menjadi kelompok usaha mandiri.
  3. Upaya-upaya pemberdayaan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala-kendal yang dihadapi pengusaha kerajinan tembaga, antara lain:
  • mengikutsertakan dalam pameran baik ditingkatkan local, nasional maupun internasional.
  • magang atau pelatihan untuk meningkatkan keterampilan desain dan mutu produk.
  • melakukan promosi melalui internet maupun pembuatan leaflet/brosur, profil industri kerajinan tembaga khususnya dan industry kecil yang ada di Kabupaten Boyolali pada umumnya.
  • Melakukan sosialisasi dan fasilitas dan fasilitas merk dagang kepada pengusaha kerajinan tembaga.
  • memberikan bantuan permodalan dengan bunga lunak
  • Memfasilitasi pengusaha kerajinan tembaga untuk mengakses modal dari perbankan atau lembaga keuangan lainnya, dimana pemerintah sebagai lembaga penjamin.
  • Pembangunan saran dan prasarana seperti: balai latihan kerja atau unit pelayanan teknis bagi industri kerajinan tembaga.
  • mengembangkan show room produk industri kerajinan tembaga di Kabupaten Boyolali.
  • Mengupayakan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan industri logam yang ada di Indonesia seperti Smelthink, Krakatau steel dan lain-lain, agar dapat memproduksi bahan baku plat tembaga yang berkualitas.
  • Mendorong investasi khususnya industri logam, minimal mendorong tumbuhnya supplier-supplier local sehingga bahan baku dapat dibeli atau dipenuhi dari daerah setempat.
  • Pemberdayaan forum klaster tembaga di Tumang ,dimana pemerintah sebagai fasilitator yang mempertemukan pihak-pihak yang terkait dalam industri kerajinan tembaga, seperti para pengusaha kerajinan tembaga, trader/pedagang perantara, supplier, lembaga keuangan/perbankan , lembaga pendidikan, dan pemerintah melalui forum klaster sebagai wadah kerjasama antar komponen tersebut.

(sumber : Forum Klaster Tembaga Tumang )

Dapatkan update produk dan artikel terbaru Kerajinan DaffiArt.com dengan Memasukkan alamat email anda di sini :

1 Comment

  1. Don says: - reply

    You really found a way to make this whole pocrses easier.

DAFFI ART - Decorative Copper & Hospitality Needs
Tumang 05/14 Cepogo Boyolali Central Java Indonesia 57362
Telp./Fax : +62276 323 294 / +628156700496 / 081281125758