Kerajinan tembaga kuningan Rumah Joglo

Kerajinan tembaga kuningan Rumah Joglo
Sejarah Rumah Joglo

Rumah Jawa / Rumah Joglo adalah salah satu peninggalan nenek moyang di tanah jawa dimana yang konon awalnya didirikan pada tahun 1835 . pada masa itu, Joglo disebut juga dengan bangunan dengan Soko Guru, mempunyai atap 4 belah sisinya,  satu
bubungan di tengahnya. “Saka Guru“, merupakan poin penting /struktur utama pada bangunan Rumah Joglo itu.

kerajian-tembaga-rumah-joglo

kerajian-tembaga-rumah-joglo

Arti Saka guru adalah sebutan untuk tiang atau kolom atau pilar yang berjumlah 4 buah. Tiang ini terbuat dari jenis kayu dengan besaran yang berbeda-beda menurut pada beban yang menumpang diatasnya. Saka guru berfungsi menahan beban diatasnya yaitu balok tumpang sari dan brunjung, molo,usuk,reng dan genteng. Saka guru berfungsi sebagai konstruksi pusat dari Bangunan Joglo karena letaknya ditengah bangunan tersebut.

kerajinan risplang tembaga-wuwung tembaga-kanopi tembaga

kerajinan risplang tembaga-wuwung tembaga-kanopi tembaga

Rumah Joglo yang dari Propinsi Jawa Tengah punya fungsi yang lebih menonjol yaitu untuk tempat berkumpul musyawarah masalah kenegaraan dan menyusun strategi dalam melawan Belanda.di Yogyakarta masa penjajahan belanda, menjadi markas besar tentara pelajar (TP) seluruh Jogjakarta di bawah pimpinan Kapten Martono (Menteri Transmigrasi masa pemerintahan presiden Soeharto).
Joglo Kelor merupakan joglo terbaik se-Kabupaten Sleman. Hal ini terlihat dari bagian-bagiannya yang lebih lengkap dan masih asli. Menurut pandangan metafisika, rumah joglo ini memiliki energi spiritual yang dapat dirasakan dalam radius ± 100 meter. Secara Resmi, Joglo Kelor menjadi obyek wisata pada bulan oktober 2002. Beberapa waktu lalu, sebuah Sepeda (yang dipakai oleh Kapten Martono) dan Lampu Gantung (yang digunakan untuk penerangan dalam rapat-rapat TP), di pindahkan dari Joglo ke Benteng Vredeburg.
Sekarang Rumah Tua (Joglo) sering ditemukan dalam kondisi kurang terawat, tahunan tanpa pemeliharaan. Meskipun, beberapa masih dipakai sebagai tempat tinggal, dapat di temui hanya sedikit dari rumah joglo-joglo yang masih dalam kondisi terawat. biasanya dapat di temui di Utara Jawa sekitar Demak – Kudus.
Berikut karakteristik khas joglo bangunannya bisa di lihat Pendapanya atap menjulang seperti gunung.
Variasi macam Kerajinan Bangunan Joglo :

  1. Joglo limasan lawakan atau “joglo lawakan”.
  2. Joglo Sinom
  3. Joglo Jompongan
  4. Joglo Pangrawit
  5. Joglo Mangkurat
  6. Joglo Hageng
  7. Joglo Semar Tinandh

Rumah Joglo ini kebanyakan hanya dimiliki oleh mereka yang mampu / orang kaya. Hal ini disebabkan rumah bentuk joglo unik membutuhkan bahan bangunan yang lebih banyak dan mahal dari pada rumah biasanya. Masyarakat jawa pada masa lampau menganggap bahwa rumah joglo tidak boleh dimiliki oleh orang kebanyakan, tetapi rumah joglo hanya diperkenankan untuk rumah kaum bangsawan, istana raja, dan pangeran, serta orang yang terpandang atau dihormati oleh sesamanya saja. Dewasa ini rumah joglo digunakan oleh segenap lapisan masyarakat dan juga untuk berbagai fungsi lain, seperti gedung pertemuan dan kantor-kantor.
Arsitektur tradisional Jawa harus dilihat sebagai totalitas pernyataan hidup yang bertolak dari tata krama jadi diri, norma dan tatanan manusia Jawa dengan segala kondisi alam lingkungannya. Arsitektur yang menampilkan karya “swadaya dalam kebersamaan” yang secara arif memanfaatkan setiap potensi dan sumber daya setempat serta menciptakan keselarasan yang harmonis antara “jagad cilik” (mikrokosmos) dan “jagad gedhe” (makrokosmos).

kerajinan-risplang-kanopi-tembaga

kerajinan-risplang-kanopi-tembaga

Perkembangan selanjutnya untuk desain rumah joglo, diberikan tambahan-tambahan pada bagian-bagian samping dan hiasan kerajinan tembaga : risplang tembaga, wuwung tembaga, kanopi tembaga,  sehingga tampak antik unik dan makin menarik. Selain itu bentuk denah juga mengalami perubahan menurut penambahannya. Perubahan-perubahan tadi ada yang hanya
bersifat sekedar tambahan biasa, tetapi ada juga yang bersifat perubahan konstruksi.

wuwung-tembaga-kerajinanpastinya dengan penambahan jenis kerajinan interior tembaga akan membuat bentuk rumah joglo menjadi tampak unik dan menarik terkesan sangat klasik. seperti type rumah pada jaman dulu.

 

Dapatkan update produk dan artikel terbaru Kerajinan DaffiArt.com dengan Memasukkan alamat email anda di sini :

4 Comments

  1. sistem says: - reply

    Thank you for the auspicious writeup. It in reality was once a entertainment account it. Look advanced to more brought agreeable from you! By the way, how could we communicate?
    sistem recently posted..1My Profile

  2. Gamzaev says: - reply

    That’s the best asnewr by far! Thanks for contributing.

DAFFI ART - Decorative Copper & Hospitality Needs
Tumang 05/14 Cepogo Boyolali Central Java Indonesia 57362
Telp./Fax : +62276 323 294 / +628156700496 / 081281125758